SEDIA BATU PERMATA KALIMANTAN DAN AKSESORIS KHAS MARTAPURA

SALAH SATU OBYEK WISATA YANG MENARIK DI BANJAR BARU, KALIMANTAN SELATAN ” MUSEUM LAMBUNG MANGKURAT “

MUSEUM LAMBUNG MANGKURAT

Museum Lambung Mangkurat terletak pada kota Banjarbaru, 15 menit dari kota Martapura dan 30 menit dari Bandara Samsudin Noor menggunakan sepeda motor, dimana di dalamnya menyimpan beberapa benda-benda peninggalan sejarah dan kebudayaan Banjar serta profil daripada wajah Kalimantan Selatan dalam berbagai aspek kehidupan dan potensi alamnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PERALATAN RELIGI SUKU BANGSA DAYAK

Suku bangsa Dayak dan Bukit  merupakan penduduk asli Kalimantan Selatan yang masih menganut kepercayaan kaharingan. Bentuk religi mereka dapat di bedakan antara balian ( paderi )  yang memimpin upacara keagamaan dengan shaman ( dukun desa ) yang melakukan upacara  pengobatan dan ilmu hitam. Untuk melakukan upacara religi itu di pergunakan bermacam – macam alat upacara , item budaya dalam berpakaian, gelang, ikat pinggang, manik – manik, alat musik, patung dan senjata.

KERAJINAN KUNINGAN NAGARA

 Kerajinan kuningan Nagara dengan  keahlian teknik mencampur logam dengan metoda cetak tuang “ cire and reside “ dalam tingkat perkembangan teknologi madya dari perkembangan kebudayaan pre – Columbian culture dilakukan dengan teknik membuat cetakan  yang tidak di hancurkan setelah pemakaian dan membuat cetakan yang di hancurkan pada waktu pemakaian.

 Membuat cetakan kue di Nagara sangat mengagumkan . Sementara bahan cetakan dari tanah liat di panaskan, formulasi bahan tuangan dari lilin lebah madu mencair dan keluar dari lubang corot di atas alat tersebut dan dengan cara mengisikan kembali bahan cairan logam kuningan, cetakan kue di hasilkan setelah cetakan tanah liatnya di hancurkan.

PERALATAN PANDAI EMAS

 Mutu suatu perhiasan tidak hanya dari jenis logam serta ketrampilan pandai emas menciptakan bentuk hiasannya saja tetapi juga di perlukan daya cipta dengan teknik pahat dan patri untuk membentuk, menghaluskan dan mengukir ragam hias emas yang akan di jadikan perhiasan.

PERALATAN RUMAH TANGGA

Pada pemukiman yang mengelompok padat menjadikan manusia hidup di dalam kesatuan – kesatuan ekonomi keluarga. Pengelolaan ekonomi rumah tangga biasanya tercermin dari peralatan rumah tangga yang di miliki. Kebiasaan hidup menginang dan melunasi mas kawin berupa peralatan penginangan yang di kelola menjadi harta pusaka pada orang banjar terlihat dari berapa banyak kotak perhiasan dalam peralatan rumah tangganya. Kebiasaan hidup  untuk menyajikan makanan dari rantang – rantang mokun dan piring kayu, membakar dupa di dalam padamaran, memakai lampu minyak dan lentera hias pada orang Ngaju dan Maanyan menunjukkan adanya corak – corak budaya melayu asia tenggara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s